RPP siklus PTK Model Contextual Teaching and Learning (CTL) SD Kelas 5 Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD Negeri I Tulang Bawang Baru
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : Udara Bersih Bagi
Kesehatan (Tema 2)
Sub Tema : Memelihara Kesehatan Organ
Pernapasan Manusia(Sub Tema 3)
Pembelajaran ke :
2 dan 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Pertemuan 1
Muatan
: Bahasa Indonesia
No |
Kompetensi |
Indikator |
3.2 |
Mengklasifikasi
informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana |
3.2.1 Menjelaskan informasi yang didapat dari buku. |
4.2 |
Menyajikan
hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam
aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan
kosakata baku |
4.2.1
Menuliskan
informasi yang didapat dari
buku yang terkait apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. |
Muatan
: IPA
No |
Kompetensi |
Indikator |
3.2 |
Menjelaskan organ
pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan
manusia |
3.2.1 Menyebutkan
organ pernapasan dan fungsinya 3.2.2
Mengetahui cara memelihara organ pernapasan. |
4.2 |
Membuat model
sederhana organ pernapasan
manusia |
4.2.1 Membuat
poster tentang cara merawat
organ pernapasan. |
Muatan
: SBdp
No |
Kompetensi |
Indikator |
3.1 |
Memahami gambar cerita |
3.1.1 Menjelaskan
ciri-ciri gambar cerita. |
4.1 |
Membuat gambar cerita |
4.1.1 Membuat karya gambar cerita |
Pertemuan
2
Muatan : PPKn
No |
Kompetensi |
Indikator |
1.2 |
Menghargai kewajiban, hak, dan tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari |
1.2.1
Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat. |
2.2 |
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban
dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
2.2.1 Bertanggung jawab terhadapa masalah yang ada. |
3.2 |
Memahami hak, kewajiban, dan tanggung jawab
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari |
3.2.1 Mengetahui tanggung jawab sebagai warga masyarakat terhadap masalah yang ada |
4.2 |
Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
1.2.1
Menunjukkan akibat yang terjadi jika masyarakat tidak bertanggung jawab terhadap
masalah yang ada. |
Muatan : IPS
No |
Kompetensi |
Indikator |
3.3 |
Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan
kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan
dan persatuan bangsa. |
3.3.1 Menjelaskan Cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha memperkuat
kesatuan dan kesatuan bangsa. |
4.3 |
Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam
upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial
dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa |
4.3.1 jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri atau kelompok. |
Muatan : Bahasa Indonesia
No |
Kompetensi |
Indikator |
3.2
|
Mengklasifikasi informasi yang
didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana |
3.2.1 Menjelaskan Informasi pada teks terkait dengan pertanyaan apa, siapa, kapan, di
mana, bagaimana, dan mengapa. |
4.2 |
Menyajikan
hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam
aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan
kosakata baku |
4.2.1 Menuliskan Informasi pada teks terkait dengan pertanyaan apa, siapa, kapan, di
mana, bagaimana, dan mengapa. |
C. TUJUAN
Pertemuan
1
- Dengan mencermati teks bacaan yang
disajikan, siswa mampu menemukan informasi tentang karya gambar cerita.
- Dengan mencermati penjelasan guru,
siswa mampu menjelaskan ciri-ciri gambar cerita.
- Dengan mengingat pengalaman yang
berkesan atau menentukan suatu tema, siswa mampu membuat gambar cerita.
- Dengan membaca teks, siswa mampu
membuat poster tentang cara merawat organ pernapasan.
Pertemuan 2
- Dengan membaca teks, siswa mampu menjelaskan
informasi terkait dengan pertanyaan apa, di mana, bagaimana, dan mengapa.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan
akibat yang terjadi jika masyarakat tidak bertanggung jawab atas masalah
sampah.
- Dengan membaca teks dan menyimak penjelasan
guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis usaha ekonomi yang dikelola
sendiri.
- Dengan membaca teks bacaan menyimak penjelasan
guru dan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan cara menghargai usaha ekonomi
orang lain
D. MATERI
Pertemuan
1
- Ciri-ciri karya gambar cerita
- Cara memelihara organ pernapasan pada manusia.
- Sketsa
gambar poster.
- Cerita yang berbentuk gambar.
Pertemuan 2
- Teks mengenai menghargai kegiatan usaha ekonomi
orang lain.
- Teks bacaan berjudul ” Kelurahan Babakanpasar
Luncurkan Gerakan Pungut Sampah”.
- Teks tentang kegiatan yang dilakukan pemulung.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Model Pembelajaran : Contextual Teaching and Learning (CTL)
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
: 1 (Satu)
Hari
/ Tanggal : Senin / 9 September 2019
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan Pembelajaran Melalui Sintaks Contextual
Teaching Learning (CTL) |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
Modelling
Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap
disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara
selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan,
kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum
membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan
literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut: ·
Apa yang tergambar pada sampul buku. ·
Apa
judul buku ·
Kira-kira
ini menceritakan tentang apa ·
Pernahkan
kamu membaca judul buku seperti ini |
15 menit |
Inti |
Questioning A. Ayo
Berdiskusi
1.
mengamati gambar dan membaca teks
bacaan yang disediakan. 2.
berdiskusi mengenai kesesuaian gambar dengan inti cerita. 3.
Diskusi dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok Selanjutnya, tiap-tiap kelompok membacakan hasil diskusinya untuk
dibandingkan dengan hasil diskusi kelompok-kelompok lain. Learning Community
Ø
Siswa menentukan satu tema untuk gambar cerita. Ø
Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD
SBdP 3.1 dan 4.1. Hasil yang
Diharapkan: -
Sikap kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggali informasi dari gambar cerita untuk menentukan ciri-ciri karya gambar
cerita. B.
Ayo Berkarya Inquiry
Reflection
11. Memberikan motivasi
terhadap karya dan hasil siswa Hasil yang
Diharapkan: -
Sikap kreativitas dan kerja sama siswa saat membuat poster. - Tingkat kreativitas siswa dapat diukur dengan menggunakan rubrik membuat poster. Authentic
Assessment 12. Guru memberikan evaluasi hasil pembelajaraj |
140
menit |
|
||
Penutup |
1. Siswa
mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru
memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
Pertemuan Ke : 2 ( Dua )
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan Pembelajaran Melalui Sintaks Contextual Teaching Learning (CTL) |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
Modelling
·
Apa yang tergambar pada sampul buku. ·
Apa judul buku ·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa ·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti
ini |
15 menit |
Inti |
A.
Ayo
Menulis Questioning
Hasil yang Diharapkan: -
Sikap cermat dan teliti siswa pada saat membaca teks bacaan. -
Pengetahuan tentang menjawab pertanyaan apa,
siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa. -
Keterampilan siswa dalam menuliskan informasi dari
bacaan. B.
Ayo Berdiskusi Learning Community
Inquiry
Reflection
Hasil yang Diharapkan: -
Sikap cermat dan teliti siswa saat membaca teks bacaan
serta sikap aktif saat diskusi. -
Pengetahuan tentang tanggung jawab warga masyarakat. -
Keterampilan siswa berbicara dalam diskusi dan
menyampaikan hasil diskusi di depan teman-temannya. Authentic
Assessment Mengerjakan soal tes |
140
menit |
|
||
Penutup |
1.
Siswa
mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2.
Guru
memberikan penguatan dan kesimpulan 3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 4.
Penugasan dirumah ·
Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai
peran dan tugas dengan orang tuanya. 5.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi 6.
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
G. PENILAIAN
Teknik Penilaian
: Tes tertulis
individu, kerja kelompok dan aktivitas belajar siswa
Pertemuan
1
1. Tes Tertulis (Tes)
KD IPA 3.2 dan 4.2 Bahasa Indonesia
3.2 dan 4.2
2. Kerja Kelompok
Membuat Poster
3. Aktivitas belajar siswa
Pertemuan
2
1. Tes Tertulis (Tes)
KD PPKn 3.2 dan 4.2 IPS 3.3
Bahasa Indonesia 3.2
2. Kerja Kelompok
Membuat Poster
3. Aktivitas belajar siswa
H. SUMBER
DAN MEDIA
- Buku bacaan Organ Pernapasan Manusia.
- Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2014).
- Buku
Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCI Media.
- Buku
teks, contoh gambar cerita, gambar-gambar poster.
Mengetahui Kepala
Sekolah, NELASARI,S.Pd NIP.
196111191983032004 |
Kotabumi,
9 September 2019 Guru
Kelas 5 , IKA YULIANI, S.Pd
NIP.198107182010012016 |
LEMBAR KERJA KELOMPOK
PERTEMUAN KE 1
Hari
/ Tanggal : Senin, 9 September 2019
Topik
: Cara memelihara organ pernafasan
Kegiatan :
1.
Siswa
membuat poster dengan tema merawat organ pernapasan
2.
Siswa
membuat sketsa gambar poster dan dilanjutkan dengan memberi warna pada gambar
poster.
3.
Membuat deskripsi isi poster
4.
Kegiatan
ini dilakukan secara berkelompok dengan anggota 5-6 siswa.
Nama Anggota :
No. |
Contoh
Poster |
Deskripsi
Poster |
|
|
|
LEMBAR KERJA KELOMPOK
PERTEMUAN KE 2
Hari
/ Tanggal : Senin, 16 September 2019
Topik
: Membaca teks bacaan
Kegiatan :
Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan
Pungut Sampah
Agar masyarakatnya sadar dengan
kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah, Kelurahan Babakanpasar mengajak
warganya dalam Gerakan Pungut Sampah (GPS). Lurah Babakanpasar Rokib Alhudry
menyatakan, GPS ini merupakan program Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor pada
tahun 2016. Program ini bertujuan agar Kota Bogor terbebas dari sampah. Karena
masalah sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. “Sampah ini bukan
hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per orang, tapi tanggung jawab
bersama kita semua,” jelasnya. Rokib berharap ke depannya warga Babakanpasar
lebih peduli lagi dengan sampah yang selama ini selalu berserakan sehingga
wilayah Babakanpasar terbebas dari sampah. “Kalau sampah ini sudah tertata
dengan baik, selain indah dipandang, maka warga masyarakat pun akan terhindar
dari penyakit,” pungkasnya.
Nama Anggota :
Menjawab
Pertanyaan |
Jawaban
|
|
1.
Di mana lokasi daerah pada berita
tersebut? 2.
Apa masalah yang dihadapi? 3.
Bagaimana penyelesaian yang diambil oleh
pemerintah kota tersebut? 4.
Mengapa semua masyarakat bertanggung jawab
atas masalah sampah? 5.
Apa keuntungannya jika masalah sampah
dapat teratasi dengan baik? Diskusikan apa yang terjadi bila
masyarakt tidak mau bertanggung jawab dengan samapah seperti gambar di bawah
ini.
|
|
LEMBAR
KERJA SISWA
PERTEMUAN 1
NAMA SISWA |
: |
|
|
|
|
Mata
Pelajaran |
: |
Tematik/
Tema 2 |
Hari |
: |
Senin |
Kelas/Semester |
|
V
/ 1 |
Tanggal |
: |
09 Sep 2019 |
Soal |
Sk |
KD |
Instrumen Soal |
TK Ranah |
Jawaban |
Skor |
1 |
2 |
3.2 |
PPk 1. Mengapa kita harus menjaga
kesehatan organ pernapasan ? 2. Tuliskan Sembilan Bahaya Kabut Asap dan Cara
Mengatasinya |
C1 |
|
20 |
2 |
2 |
3.1 |
Bahasa
Indonesia 1. Tuliskan 3
ciri-ciri karya gambar cerita? 2. Ceriakan Apa saja yang telah keluargamu
lakukan untuk memelihara kesehatan organ pernapasan? |
C1 C2 |
|
20 |
3 |
2 |
3.2 |
SBdP Buat 1 buah poster tentang kesehatan
dan deskripsikan poster tersebut |
C3 |
|
20 |
Skor
= å
skor yang didapat x
100 å skor maksimal |
|
LEMBAR
KERJA SISWA
PERTEMUAN
2
NAMA SISWA |
: |
|
|
|
|
Mata
Pelajaran |
: |
Tematik/
Tema 2 |
Hari |
: |
Senin |
Kelas/Semester |
|
V
/ 1 |
Tanggal |
: |
16 Sep 2019 |
Soal |
Sk |
KD |
Instrumen Soal |
TK Ranah |
Jawaban |
Skor |
1 |
2 |
3.3 |
PPkn 1. Apa pendapatmu mengenai pekerjaan sebagai pemulung?? 2. Bagaimana
cara menghargai jasa para pemulung? |
C1 |
|
20 |
2 |
2 |
3.2 |
IPS 1. Apa akibatnya jika kita tidak menghargai kegiatan orang lain
dalam usaha ekonomi? 2. Bagaimana cara menghargai usaha membuat benda-benda daur
ulang? |
C2 |
|
20 |
3 |
2 |
3.2 |
Bahas
indonesia Tuliskan satu contoh membuat benda
bekas yang dapat di daur ulang menjadi benda lain yang bermanfaat dan
deskripsikan cara membuatnya ! |
C3 |
|
20 |
Skor
= å
skor yang didapat x
100 å
skor maksimal |
DAFTAR HADIR PERTEMUAN KE - 1
Mata Pelajaran |
: |
Tematik |
Hari |
: |
Senin |
Kelas/Semester |
: |
V
/ 1 |
Tanggal |
: |
09 september 2019 |
No |
Nama |
L/P |
Hadir |
S |
I |
A |
KET |
1 |
Aas asi astini |
P |
|
|
|
|
|
2 |
Hadi Hidayat |
L |
|
|
|
|
|
3 |
Aisah suci rahmadani |
L |
|
|
|
|
|
4 |
Alivin eka prastia |
L |
|
|
|
|
|
5 |
Andi Kurniawan |
L |
|
|
|
|
|
6 |
Ardi wahyudi |
L |
|
|
|
|
|
7 |
Dea alizka |
L |
|
|
|
|
|
8 |
Dian Fuspa F |
P |
|
|
|
|
|
9 |
Fadila Mutia Z |
P |
|
|
|
|
|
10 |
Genta Raya A |
L |
|
|
|
|
|
11 |
Hafizd Faqih |
L |
|
|
|
|
|
12 |
Hamdan
Sulaiman |
L |
|
|
|
|
|
13 |
Hidayat
Hurwahid |
L |
|
|
|
|
|
14 |
Iaan
Juliana |
L |
|
|
|
|
|
15 |
Lisa Ameliya |
P |
|
|
|
|
|
16 |
Manda Raisha |
P |
|
|
|
|
|
17 |
Muh. Afriansyah |
L |
|
|
|
|
|
18 |
Muh. Rohman |
L |
|
|
|
|
|
19 |
Nyla Nurhalimah |
P |
|
|
|
|
|
20 |
Nindy Dzakiyah |
P |
|
|
|
|
|
21 |
Nita Suryani |
L |
|
|
|
|
|
22 |
Noval prastio |
P |
|
|
|
|
|
23 |
Putri Nur Soleha |
P |
|
|
|
|
|
24 |
Rios Pratama |
P |
|
|
|
|
|
25 |
Salsa Junia |
P |
|
|
|
|
|
26 |
Steven Fernando |
L |
|
|
|
|
|
27 |
Tyrza Fadilah |
P |
|
|
|
|
|
28 |
Ragil Ayu R |
P |
|
|
|
|
|
29 |
Rian Aprianto |
L |
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
29 |
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Kepala
Sekolah SDN 01 Tulang Bawang Baru NELASARI,S.Pd NIP. 196111191983032004 |
DAFTAR HADIR PERTEMUAN KE - 2
Mata Pelajaran |
: |
Tematik |
Hari |
: |
Senin |
Kelas/Semester |
: |
V
/ 1 |
Tanggal |
: |
16 september 2019 |
No |
Nama |
L/P |
Hadir |
S |
I |
A |
KET |
1 |
Aas asi astini |
P |
|
|
|
|
|
2 |
Hadi Hidayat |
L |
|
|
|
|
|
3 |
Aisah suci rahmadani |
L |
|
|
|
|
|
4 |
Alivin eka prastia |
L |
|
|
|
|
|
5 |
Andi Kurniawan |
L |
|
|
|
|
|
6 |
Ardi wahyudi |
L |
|
|
|
|
|
7 |
Dea alizka |
L |
|
|
|
|
|
8 |
Dian Fuspa F |
P |
|
|
|
|
|
9 |
Fadila Mutia Z |
P |
|
|
|
|
|
10 |
Genta Raya A |
L |
|
|
|
|
|
11 |
Hafizd Faqih |
L |
|
|
|
|
|
12 |
Hamdan
Sulaiman |
L |
|
|
|
|
|
13 |
Hidayat
Hurwahid |
L |
|
|
|
|
|
14 |
Iaan
Juliana |
L |
|
|
|
|
|
15 |
Lisa Ameliya |
P |
|
|
|
|
|
16 |
Manda Raisha |
P |
|
|
|
|
|
17 |
Muh. Afriansyah |
L |
|
|
|
|
|
18 |
Muh. Rohman |
L |
|
|
|
|
|
19 |
Nyla Nurhalimah |
P |
|
|
|
|
|
20 |
Nindy Dzakiyah |
P |
|
|
|
|
|
21 |
Nita Suryani |
L |
|
|
|
|
|
22 |
Noval prastio |
P |
|
|
|
|
|
23 |
Putri Nur Soleha |
P |
|
|
|
|
|
24 |
Rios Pratama |
P |
|
|
|
|
|
25 |
Salsa Junia |
P |
|
|
|
|
|
26 |
Steven Fernando |
L |
|
|
|
|
|
27 |
Tyrza Fadilah |
P |
|
|
|
|
|
28 |
Ragil Ayu R |
P |
|
|
|
|
|
29 |
Rian Aprianto |
L |
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
29 |
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Kepala
Sekolah SDN 01 Tulang Bawang Baru NELASARI,S.Pd NIP. 196111191983032004 |